December 12, 2012

BAKUL ES CINCAU KELILING REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Es cincau hijau merupakan salah satu jenis minuman segar favorit khas nusantara. Diberi sedikit santan, sirop merah atau sirop jahe plus es batu. Rasanya kenyal segar dan manis serta kaya manfaat!

Bakul/Pedagang Es Cincau keliling di Rejowinangun KG-55171 Yogyakarta


Bakul/Pedagang Es Cincau keliling di Rejowinangun KG-55171 Yogyakarta

Mesona SPP/Daun Cincau Hijau

Cincau hijau dibuat dari daun Mesona SPP merupakan gel yang mirip dengan agar-agar. Daun cincau diremas-remas dengan air bersih dan kemudian disaring. Setelah didiamkan beberapa saat cairan cincau akan mengental membentuk gel dengan tektur kenyal keras.  Hal ini bisa terjadi karena daun cincau mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul air. 

Nama CINCAU berasal dari kata Hokkian sienchau yaitu xiancao. Kata tersebut umumnya biasa diucapkan oleh masyarakat Cina di Asia Tenggara. Sebenarnya nama cincau juga diambil dari nama tumbuhannya, yang merupakan bahan sebagai pembuat gel. Teksturnya yang halus dan berwarna hijau ini, disajikan bersama sirop gula merah, sirop merah dan santan dan es batu. 

Tiap 100 gram cincau hijau ini mengandung serat 6,23 g, energi 122 kkal, vitamin C 17 mg, dan protein 6 gr. Setelah meminum cincau, dipercaya tubuh akan terasa sejuk. Selain itu juga dapat menyehatkan pencernaan dan mencegah panas dalam. 

nikmat disajikan bersama sirop gula merah, sirop merah dan santan dan es batu

Foto: KOLPRI JOGJAICON BLOG 2012 
Artikel: Berbagai sumber di Google.co.id 



********************
Suka Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog Social Traffic Exchange Indonesia
Raise up Audience from U’re FACEBOOK to Support U’re Online Businnes Killer Viral FanPage Indonesia

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...