July 15, 2012

BEDA IKAN PIRANHA & BAWAL AIR TAWAR (Hobbiist jangan sampai ketipu, liat perbedaannya!)

Saya (Admin Jogjaicon) adalah penggemar ikan hias terutama yang bernuansa ekstrim atau buas, seperti Algator Fish, Oscar atau Belida. Pernah saya punya keinginan kuat untuk memelihara Ikan Piranha, ketika dicari di seantero Banda Aceh bahkan sampai Medan sekitar tahun 2011-an, hasilnya nihil. Kemudian lewat internet saya dapat iklan dari seseorang di Kota Medan yang mau ngejual koleksi Piranha nya sebanyak 15 ekor jenis Red Bally. semua katanya dijual Rp. 50 Ribu. Akhirnya kita pun janjian ketemu, kalo cocok COD (rencananya). 

Saat ketemuan, sama kawan kita itu ikan-ikan "piranha" tersebut dikemas dalam Kotak Polyfoam, saya cuma boleh ngintip. Dengan alasan Ganas, takut lompat! Saya ga mau dong beli kucing dalam karung yg ujudnya ikan. Akhirnya saya maksa saya buka, dan begitu saya liat... Wadooh, ne kawan mau nepu saya jelas, yang ada disitu segerombolan Ikan Bawal Air Tawar, harganya paling seekor Rp 1000 ukuran 10cm. Tapi mungkin aja banyak orang bakal ketipu, karena emang Piranha dan Bawal sepintas aga mirip. Nah berbekal pengalaman "konyol" tersebut, ijinkan saya berbagi dikit tentang tampilan Ikan Pirana dan Bawal Air Tawar.
 

Semoga bermanfaat untuk Sobat-sobat penggemar ikan hias atau penggemar ikan ekstrim dimanapun berada.

(O iya, sedikit catatan,  penjual online yang berniat nipu saya itu ga saya apa-apain, dia udah cukup terpukul pada saat ikan ikan bawalnya saya buang ke paret n cuma saya kasi duit ceban... hehehehe)

2 comments:

Yunims said...

klo dilihat dari bentuk mulutnya sich hampir mirip memang. Tapi klo masih kecil ukurannya ya kelihatannya susah bedainnya. Paling gampang ikan koki...dari kecil udah endut bentuknya...hehehe...selamat minggu pagi!

Abdee M said...

Maaf Pak.gambar Piranha yg dipasang menurut saya memang benar-benar gambar ikan Piranha. Gambar atas adalah jenis Piranha Red Bellied (Pygocentrus Nattereri) sedangkan gambar bawah adalah Piranha Caribe (Pygocentrus Caribe)..mungkin yang dimaksud Bawal tawar adalah "Red Pacu".kalau masih kecil ukuran 2.5cm mungkin sekilas mirip.Walaupun sebenarnya berbeda bentuknya.trims

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...